Selasa, 24 Mei 2022
  • Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023 STAI Sufyan Tsauri Majenang telah di buka, gelombang 1 bulan Februari - Mei, gelombang 2 bulan Juni - Agustus WA 0859-1484-71171

90 Mahasiswa STAI Sufyan Tsauri Majenang Ikuti Ujian Komprehensif

stais.ac.id – Pusat Pejamin Mutu Pendidikan Sekolah Tinggi Agama Islam Sufyan Tsauri Majenang melaksanakan Ujian Komprehensif, Selasa dan Rabu, 28-29 Maret 2022. Ujian Komprehensif dilaksanakan di lantai dua Kampus STAI Sufyan Tsauri Majenang.

Sebanyak 90 Mahasiswa mengikuti ujian yang terdiri dari Tiga (3) Program Studi, Ekonomi Syariah (ESY) 37 Mahasiswa, Pendidikan Agama Islam (PAI) 41 Mahasiswa dan Pendidikan Anak Islam Usia Dini (PIAUD) 12 Mahasiswa. sedangkan dosen yang penguji Ujian Komprehensif sebanyak 14 orang.

Kepala Pusat Pejamin Mutu Pendidikan STAI Sufyan Tsauri Majenang, Frendi Fernando, MA. mengatakan, banwa ujian Komprehensif merupakan ujian yang dilaksanakan untuk mengukur tingkat penguasaan mahasiswa dalam bidang ilmu agama dan pendidikan. Selain itu, Frendi juga menyampaikan bahwa ujian Komprehensif dilakukan untuk mengetahui kemampuan berpikir mahasiswa secara interdisipliner sebagai syarat untuk mengikuti munaqasyah skripsi.

“Tujuan dari ujian ini adalah untuk mengukur keluasan wawasan mahasiswa, jadi kita berharap semua alumni STAI Sufyan Tsauri benar-benar sudah siap berkarya di masyarakat,” terang Frendi Fernando, MA.

Sebagai informasi, Ujian komprehensif adalah ujian lisan yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa yang telah lulus mata kuliah, kecuali Kuliah Kerja Nyata (KKN). Ujian Komprehensif merupakan salah satu dari bentuk monev dalam mengukur dan mengevaluasi perjalanan mahasiswa selama menempuh perkuliahan serta untuk mengetahui indikator kesiapan mahasiswa sebelum masuk dunia kerja sesuai dengan disiplin keilmuannya sekaligus sebagai bekal dalam kehidupan bermasyarakat. Untuk dapat menyelesaikan program sarjana (S-1) mahasiswa diwajibkan mengikuti dan harus lulus ujian komprehensif sebagai prasyarat untuk bisa mengikuti munaqasyah skripsi sebagai tugas akhir perkuliahan. Ujian komprehensif menuntut mahasiswa untuk mampu menguasai teoritik dan praktik ilmu yang didapat mahasiswa selama menempuh perkuliahan yang terbagi dalam tiga tingkatan, yaitu materi Institusi yang meliputui materi Keislaman, materi Kejurusan serta materi Program Studi.

Dengan pelaksanaan ujian komprehensif dapat mengukur capaian pembelajaran Program Studi atau capaian yang bersifat khusus sebagai identitas Perguruan Tinggi. Dengan demikian pelaksanaan ujian komprehensif akan terus ditata dan disosialisasikan kepada semua civitas akademik yang ada berada di lingkungan STAI Sufyan Tsauri Majenang. (red/kiki).

Komentar

Post Terkait

1 Komentar

Pit, Rabu, 30 Mar 2022

Semoga STAI Sufyan Tsauri Majenang semakin sukses dan dapat meluluskan mahasiswa yang berkualitas.

Balas

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

KELUAR