Selasa, 09 Agu 2022
  • Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023 STAI Sufyan Tsauri Majenang telah di buka, gelombang 1 bulan Februari - Mei, gelombang 2 bulan Juni - Agustus WA 0859-1484-71171

Alumni STAI Sufyan Tsauri Majenang Berikan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Keuangan Bagi UMKM

Majenang – Selama pandemi Covid-19 banyak sektor kehidupan masyarakat yang terdampak, di antaranya adalah sektor perekonomian, pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Melihat hal itu, Kepala Desa Sadabumi Kecamatan Majenang Kab Cilacap bekerjasama dengan alumi STAI Sufyan Tsauri Majenang tergerak untuk melakukan pelatihan manajemen pengeloaan keuangan bagi usaha menegah kecil (UMKM), Kamis, 16 Desember 2021.

Bertempat di balai Desa Sadabumi Kecamatan Majenang Kab. Cilacap, Rizki Irfan Fahrezi, S.E dan Cahono S.E, yang keduanya merupakan almuni STAI Sufyan Tsauri Majenang mengatakan bahwa pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan keuangan serta meningkatkan sumberdaya manusia bagi pelaku usaha menengah kecil khususya dalam hal pengelolaan keuangan agar usaha masyarakat desa sadabumi dapat lebih berkembang dan maju.

“Kita juga melibatkan peserta secara langsung untuk melihat dan mempraktekan sistem pengelolaan keuangan bagi UMKM, sehingga kedepannya kami berharap para pelau usaha bisa secara mandiri mempraktekkannya,” ujar rizki.

Lebih lanjut, Rizi menyampakan bahwa dalam pelaksanaan pelatihan ditemukan beberapa permasalahan mendasar bagi pelaku usaha, seperti belum ada perencanaan neraca kas yang baik sehingga penghasilan mereka para pelaku usaha selalu habis untuk dibelanjakan tanpa disadari bahwa hal tersebut tidak baik untuk manajemen kauagan sebuah usaha.

“Dari permasalahan-permasalahan inilah, kami memberi solusi berupa pendidikan dan pelatihan masyarakat dengan cara pelatihan dan edukasi akuntansi, manajemen sumber daya masyarakat untuk meningkatkan pemahaman serta kesadaran para peserta, kami juga mengadakan demonstrasi untuk menyusun laporan keuangan sederhana yang diperlukan nantinya dan juga pelatihan untuk membuat perencanaan kas, mengelola keuangan,” ungkap Rizi.

Dalam pelatian ini, lanjut Rizki, Salah satu tujuannya selain untuk peningkatan kemampuan dan peningkatan keterampilan para pelaku UMKM, diharapkan juga dengan adanya pelatian seperti ini dapat meningkatan peran dari para pelaku UMKM yang mayoritas merupakan masyarakat desa dalam memajukan desa. Sekaligus juga diharap dapat menunjang kesejahteraan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat yang berkontribusi didalam pelatihan ini. (red/pit).

Komentar

Post Terkait

4 Komentar

Anonim, Jumat, 17 Des 2021

5

Balas
Anonim, Jumat, 17 Des 2021

4.5

Balas
Anonim, Jumat, 17 Des 2021

4

Balas
Bagian Akademik, Minggu, 19 Des 2021

4.5

Balas

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

KELUAR