Jumat, 23 Feb 2024
  • TELAH DIBUKA!!! Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2024/2025 Gelombang 1 Periode Januari s.d Maret 2024. Info lengkap Chat WA 0859-1484-71171

MAHASISWA STAI SUFYAN TSAURI PRODI PAI MENGUNJUNGI SLB B YAKUT PURWOKERTO

Purwokerto. Kamis, 30 November 2023. Sebuah kegiatan kunjungan yang berkesan telah dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sufyan Tsauri ke Sekolah Luar Biasa (SLB) B Yakut di Purwokerto.

Kunjungan ini merupakan bagian dari program pengembangan pemahaman mahasiswa terhadap berbagai realitas pendidikan, khususnya dalam konteks inklusi bagi anak-anak berkebutuhan khusus. SLB B Yakut dipilih sebagai tempat kunjungan karena reputasinya yang baik dalam memberikan pendidikan inklusif bagi anak-anak difabel di Purwokerto. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran yang diberikan kepada anak difable dan juga sebagai salah satu pemenuhan tugas mata kuliah “Pembelajaran PAI untuk Anak Difable”. Kegiatan ini dilaksanakan di SLB B Yakut Purwokerto yaang merupakan SLB yang khusus untuk penyandang Tunarungu.

Dalam kunjungan ini, para mahasiswa STAI Sufyan Tsauri didampingi bapak Taqiyudin Subki, M.Ag. selaku dosen pengajar prodi PAI. “kunjungan ilmiah kali ini lebih menitikberatkan pada aspek pengetahuan tentang bagaimana pembelajaran kepada anak difable, sehingga menjadi bekal bagi mahasiswa dan juga menambah wawasan pedagogik”. tutur taqi

Kunjungan ini juga menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk mendalami pemahaman mereka tentang bagaimana konsep pendidikan Islam dapat diimplementasikan dalam konteks inklusi. Diskusi-diskusi berharga terjadi antara mahasiswa dan guru-guru SLB, membuka wawasan baru dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan bagi semua anak.

Kepala Prodi PAI, Sarno Hanipudin, M.Pd.I., menyatakan, “Kami berharap kunjungan ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa dalam mengembangkan peran mereka sebagai pendidik yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, berlandaskan nilai-nilai keislaman serta Untuk menjadi guru yang multi wawasan, perlu banyak belajar ke berbagai lembaga pendidikan dengan latarbelakang peserta didik, sehingga mereka memahami tantangan seperti apa saja kedepan setelah menjadi guru”. Pungkas Sarno.

Kegiatan kunjungan berakhir dengan perasaan antusias dan rasa syukur dari kedua belah pihak. Mahasiswa STAI Sufyan Tsauri merencanakan untuk terus terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial dan pendidikan inklusif untuk memperluas pemahaman mereka dan memberikan kontribusi positif pada masyarakat.

Semoga kunjungan ini menjadi langkah awal bagi kerja sama yang lebih erat antara STAI Sufyan Tsauri dan SLB B Yakut dalam mendukung pendidikan inklusif di Purwokerto.

Komentar

Post Terkait

0 Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

KELUAR