Sabtu, 02 Jul 2022
  • Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023 STAI Sufyan Tsauri Majenang telah di buka, gelombang 1 bulan Februari - Mei, gelombang 2 bulan Juni - Agustus WA 0859-1484-71171

Menuju Institut Agama Islam Sufyan Tsauri, STAI Sufyan Tsauri adakan Saresehan Penyusunan Kurikulum

Majenang – Kamis 24 Desember 2021, Dalam rangka persiapan alih status STAI Sufyan Tsauri menuju Institut Agama Islam Sufyan Tsauri, Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan STAI Sufyan Tsauri (PPMP-STAIS) Majenang adakan Saresehan Penyusunan Dokumen Kurikulum berbasis capaian KKNI-OBE dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. 

Saresehan ini dihadiri oleh Ketua STAI Sufyan Tsauri, Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi dan Tim Borang dari setiap prodi dengan mendatangkan narasumber Dr. Carnoto, M.Pd., M.T. dari Universitas Pasundan. 

Saresehan dibuka langsung oleh Ketua STAI Sufyan Tsauri Majenang Dr. Supriyanto, Lc, M.S.I. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa dalam penyusunan kurikulum ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sekarang ini, sehingga dapat menjadi acuan setiap Prodi yang sudah ada dan Prodi yang sedang di ajukan oleh STAI Sufyan Tsauri Majenang.

Kita ketahui Bersama bahwa pemerintah sudah menetapkan deskriptor untuk level 6 yang dapat diakses di situs kkni.kemendikbud.go.id. Sehingga lulusan sarjana (S1) diharapkan minimal dapat menguasai seluruh deskriptor yang ada di level 6. 

Standar Outcome-Based Education atau OBE tercantum pada Peraturan Kemendikbud No. 3 tahun 2020 dan Borang Akreditasi Program Studi Versi 4 yang di mana mewajibkan program studi melaporkan status capaian lulusan terhadap CPLnya. Jadi, saat mahasiswa lulus tidak hanya mendapat transkrip nilai tapi mendapat capaian di setiap semesternya. 

“Jadi kita bisa melaporkan progres mahasiswa tidak hanya berdasarkan transkrip nilai tapi berdasarkan progres Capaian Pembelajaran Lulusan,” jelas Cartono. 

Sebelum MBKM diterapkan, pemerintah telah mengeluarkan Panduan Kurikulum Perguruan Tinggi pada tahun 2020 yang berorientasi pada Revolusi Industri 4.0 yang berhubungan dengan kemajuan jaman. Sehingga, Perguruan Tinggi harus mengevaluasi apakah CPL sudah sesuai dengan peluang kerja dan kebutuhan SDM dari Revolusi Industri 4.0 ini. 

Perlu diketahui juga bahwa STAI Sufyan Tsauri Majenang saat ini memiliki tiga Progran Studi, yakni Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Ekonomi dan Bisnis Islam. Rencananya, untuk menuju Institut Agama Islam Sufyan Tsauri, STAI Sufyan Tsauri akan membuka tiga Prodi baru yakni, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Manajemen Bisnis Syariah (MBS) dan Hukum Keluarga Islam (HKI). (pit/red).

Komentar

Post Terkait

2 Komentar

Anonim, Senin, 27 Des 2021

5

Balas
Anonim, Selasa, 28 Des 2021

4.5

Balas

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

KELUAR