img_20160910_103226

Serah terima Jabatan Kaprodi Ekonomi Syari’ah oleh Doddy Afandi Firdaus, M.S.I kepada Khotibul Umam, M.Si

Sabtu, 3 September 2016, Prodi Ekonomi Syari’ah melaksanakan regenerasi kepemimpinan. Bapak Doddy Afandi Firdaus, M.S.I, dan Khotibul Umam, M.Si telah menyelesaikan periode kepemimpinannya, kemudian digantikan oleh Khotibul Umam, M.Si dan Fitroh Qudsiyah, M.Pd.I sebagai ketua dan Sekretaris Prodi Ekonomi Sayri’ah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam STAI Sufyan Tsauri Majenang periode 2016-2019.

Berikut kutipan wawancara admin website STAI Sufyan Tsauri Majenang, Frendi Fernando, dengan Khotibul Umam, M.Si.

Frendi : Selamat atas terpilihnya Bapak sebagai Kaprodi Ekonomi Syari’ah, STAI Sufyan Tsauri Majenang, apa bayangan anda tentang Prodi Ekonomi Syari’ah ini dalam empat tahun yang akan datang?

Khotibul Umam :

Sebelumnya terimakasih banyak. Sebagai program studi yang sudah cukup mapan, Prodi Ekonomi Syari’ah sampai tahun 2016 ini memasuki usia kedelapan dan telah meluluskan mehasiswa sebanyak kurang lebih 96 mahasiswa. Selanjutnya mengenai bayangan prodi Ekonomi Syari’ah kedepan, mudah-mudahan dengan semangat kepemimpinan yang baru Prodi Ekonomi Syari’ah Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam STAI Sufyan Tsauri Majenang akan semakin besar dan semaikin banyak diminati oleh calon mahasiswa. Selain itu, dengan melihat animo dan perkembangan keilmuan Ekonomi Syari’ah di masyarakat, Prodi Ekonomi Syari’ah STAI Sufyan Tsauri Majenang sangat optimis bisa melanjutkan keinginan masyarakat untuk melakukan kajian secara akademik serta mengembangkannya dalam konteks ke-Indonesiaan.

Prodi Ekonomi Syari’ah dalam Empat tahun yang akan datang memilki daya saing yang tinggi. Setidaknya, dengan memiliki 7 dosen tetap dan 4 dosen tidak tetap Prodi Ekonomi Syari’ah telah memiliki dua orang bergelar doktor, yaitu Dr.H. Slamet Riyanto, M.Si dan Dr. H.M. Idris Hasan, Lc, Ph.D. Dan didukung oleh dosen lainnya; Khotibul Umam, M.Si, Doddy Afandi Firdaus, M.S.I, H. Masngudi,M.E.I, Aji Fany Pratama, MA, Fathurohim, M.Hum, Yoshinta Pangestuti, M.Hum, H. Fatoni, S.T, MM. Semoga tidak lama lagi, Prodi Ekonomi Syari’ah STAI Sufyan Tsauri akan memilki dua orang doktor lagi.

Frendi: Apa potensi Prodi Ekonomi Syari’ah STAI Sufyan Tsauri Majenang di antara Prodi Ekonomi Syari’ah PTKIS/N lainnya?

Khotibul Umam :

Potensi Prodi Ekonomi Syari’ah STAI Sufyan Tsauri Majenang di antara PTKIS/N yang lain sangat besar. Hal ini terbukti dari angka peminat atas prodi Ekonomi Syari’ah STAI Sufyan Tsauri Majenang cukup tinggi bila dibandingkan dengan prodi sejenis di PTKIS/N lainnya.

Empat tahun yang akan datang setidaknya dengan bertambahnya mahasiswa jumlah mahasiswa yang ada diperkirakan sebanyak 400 mahasiswa. Dengan jumlah mahasiswa sebanyak itu, maka diperlukan penambahan dosen yang handal di bidang kajian Ekonomi Syari’ah/Ekonomi dan Bisnis Islam serta yang melingkupinya. Selain itu, dengan keberadaan tersebut eksistensi Prodi Ekonomi Syari’ah STAI Sufyan Tsauri Majenang dalam konteks nasional akan dapat diakui dengan baik.

Frendi : Apa strategi anda untuk mensukseskan program-program besar Prodi Ekonomi Syariah STAI Sufyan Tsauri Majenang empat tahun kedepan?

Khotibul Umam:

Strategi kegiatan Prodi Ekonomi Syariah tahun 2016, setidaknya ada 3 kegiatan besar yang akan dilakukan Prodi Ekonomi Syari’ah STAI Sufyan Tsauri Majenang, yakni penyusunan borang akreditasi, melaksanakan seminar Nasional/Internasional bekerjasama dengan lembaga terkait dan melakukan kerjasama-kerjasama dengan instansi terkait untuk kemajuan Prodi Ekonomi Syari’ah. Dengan perbaikan akreditasi Prodi Ekonomi Syari’ah STAI Sufyan Tsauri Majenang, maka prodi ini akan menjadi prodi yang bisa bersaing dengan Prodi Ekonomi Syari’ah lainnya di lingkungan PTKIS/N. Selain itu, untuk memantapkan hal tersebut dilakukan kerjasama dengan instansi/lembaga terkait dan dengan mengadakan seminar nasional/internasional untuk menjadikan Prodi Ekonomi Syari’ah STAI Sufyan Tsauri Majenang berkiprah dalam konteks nasional dan sekaligus global.

Frendi: Terakhir, apa doa yang akan selalu bapak panjatkan khusus untuk keluarga besar Prodi Ekonomi Syari’ah STAI Sufyan Tsauri Majenang?

Khotibul Umam :

Doa yang selalu saya panjatkan untuk civitas akademika STAI Sufyan Tsauri Majenang dan khususnya Prodi Ekonomi Syari’ah adalah semoga Allah swt. meridhai setiap langkah dan kegiatan yang dijalankan oleh Prodi Ekonomi Syari’ah STAI Sufyan Tsauri Majenang dengan pemimpin barunya, Khotibul Umam sebagai kaprodi dan Fitroh Qudsiyah sebagai sekprodi 2016-2019. Semoga Allah swt. memberikan yang terbaik bagi akreditasi Prodi Ekonomi Syari’ah STAI Sufyan Tsauri Majenang yang akan dilakukan oleh BAN-PT. Dengan semangat mengagungkan Baginda Nabi Muhamamd saw. melalui berbagai ulama yang mengarang dan mengkaji Keilmuan Ekonomi Syari’ah serta didukung oleh regulasi yang ada semoga harapan kemajuan Prodi Ekonomi Syari’ah STAI Sufyan Tsauri Majenang tercapai dengan sangat baik, lancar dan luar biasa. amiiin.

Komentar