VISI, MISI DAN TUJUAN

PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (P3M)

 VISI

“Riset untuk Perubahan Sosial Menuju Masyarakat Madani”

 MISI

  • 1) Melaksanakan program riset pengembangan ilmu pengetahuan dan terapan;
  • 2) Melaksanakan kegiatan pemberdayaan dan pendampingan masyarakat;
  • 3) Melaksanakan kegiatan pelatihan, lokakarya, seminar, diskusi, upgrading dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran, penelitian dan pengabdian; serta
  • 4) Mensosialisasikan dan mempublikasikan hasil-hasil riset dan karya ilmiah untuk mendorong terjadinya peningkatan kapasitas dan kapabilitas intelektual dan mempercepat proses menuju peradaban masyarakat sipil.

 TUJUAN

Menjadi pusat riset di mana hasilnya dapat digunakan untuk pengembangan kelembagaan, reformulasi teori-teori, penerapan metodologi ilmu pengetahuan, dan sekaligus dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan problem kemanusiaan.

PROGRAM KERJA

PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (P3M)

  • 1) Penelitian

P3M STAIS Majenang menempatkan riset dalam konteks tri dharma perguruan tinggi, sebagaimana konsep yang dikembangkan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Agama Islam Kementerian Agama RI. Di mana rancang bangun hubungan tersebut adalah sebagai berikut: pertama, mensinergikan penelitian dalam penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian. Kedua, mengagendakan penyelenggaraan riset yang bervariasi secara proporsional dengan tetap memprioritaskan pada riset akademik. Ketiga, mensinergikan penyelenggaraan penelitian dengan pengembangan kompetensi keahlian dosen, peneliti dan mahasiswa. Keempat, meningkatkan besaran program penelitian, baik secara internal maupun eksternal. Kelima, meningkatkan volume kegiatan dan alokasi biaya penelitian Keenam, memanfaatkan hasil penelitian secara optimal.

Dalam penyelenggaraan penelitian, P3M mengarahkan pada tiga sasaran secara simultan. Pertama, meningkatkan mutu penelitian, mencakup proses dan hasil penelitian. Kedua, untuk meningkatkan diversifikasi penelitian, mencakup penelitian akademik, penelitian pengembangan, penelitian kebijakan dan penelitian aksi (action research). Ketiga, untuk meningkatkan manfaat hasil penelitian, mencakup pengembangan ilmu pengetahuan dan keagamaan serta penunjang kemajuan masyarakat.

Kegiatan penelitian yang dikelola P3M STAIS Majenang diikuti oleh dosen maupun mahasiswa melalui melalui seleksi yang ketat. Selain penelitian kompetitif yang didanai, P3M STAIS Majenang juga memfasilitasi kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa yang dilakukan secara mandiri.

  • 2) Kajian/Diskusi

Program kerja bidang kajian/diskusi ilmiah  yang diselenggarakan P3M STAIS Majenang antara lain adalah dalam bentuk kegiatan diskusi rutin dosen. Kegiatan ini menjadi bagian penting dalam rangka membangun kultur akademik. Tujuan diselenggaakannya kegiatan ini adalah: (1) Meningkatkan wawasan dan pengetahuan dosen STAIS Majenang; (2) Meningkatkan produktifitas dan mutu karya ilmiah dosen STAIS Majenang; (3) Membangun tradisi menulis dan dialog-kritis yang kuat di lingkungan civitas akademik STAIS Majenang; (4) Memberikan kontribusi pemikiran (alternative solusi) atas berbagai persoalan keumatan; dan (5) Memberikan sumbangan naskah bagi penerbitan jurnal at-Thariq di lingkungan STAIS Majenang.

Selain kegiatan diskusi rutin dosen, P3M STAIS Majenang juga menyelenggarakan kegiatan seminar dengan mengangkat tema-tema penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan keislaman kontemporer, serta menghadirkan para narasumber yang otoritatif di bidangnya. P3M STAIS Majenang juga menyelenggarakan kegiatan seminar rutin imsakiyah sebagai bagian dari bentuk kontribusi nyata perguruan tinggi Islam dalam menghadapi berbagai persoalan menyangkut kegiatan ibadah puasa umat Islam pada bulan Ramadhan.

  • 3) Pengabdian Masyarakat

Di bidang pengabdian kepada masyarakat, P3M menyelengarakan berbagai program kegiatan, seperti desa binaan atau desa mitra kerja, pemberdayaan masyarakat, kuliah kerja nyata (KKN), penyuluhan, pelatihan dan workshop dalam rangka penguatan masyarakat. Pengabdian dilaksanakan melalui paradigma, metode, strategi dan teknik partisipatif. Dengan demikian, pengabdian masyarakat merupakan serangkaian kegiatan dari, oleh dan untuk masyarakat. Melalui model pengabdian ini, maka dengan sendirinya, masyarakat kampus bersama-sama masyarakat melakukan perubahan sosial. Upaya-upaya tersebut dilakukan tidak lain merupakan kegiatan aksi penyadaran kepada masyarakat agar bebas dari kebodohan, ketidakadilan dan kemiskinan. Di sini, pendidikan kritis, pendidikan pembebasan dan aksi penyadaran menjadi tak terelakkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Melalui berbagai kegiatan pengabdian masyarakat ini, dosen dan mahasiswa STAIS Majenang diharapkan menjadi agen transformasi soaial dalam kehidupan umat.

  • 4) Penerbitan/Publikasi

Penerbitan/publikasi yang dikelola P3M STAIS majenang meliputi penerbitan buku, jurnal penelitian, dan e-journal. Berbagai penerbitan atau publikasi tersebut menjadi wadah bagi para dosen dan mahasiswa dalam memperkenalkan dan memperluas distribusi hasil-hasil penelitian dan kajian ilmiah yang dihasilkan. Dalam kegiatan penerbitan/publikasi ini, P3M STAIS Majenang bekerjasama dengan STAIS Press.