STAIS -, Sekolah Tinggi Sufyan Tsauri (STAIS) Majenang Cilacap telah mengajukan Program Studi S1 Pendidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA) pada tahun 2013 melalui proposal pengajuan ke Direktorat Perguruan Tinggi Islam Kementerian Agama. Pengajuan ini dilakukan untuk memberikan layanan kepada masyarakat dalam keilmuan pendidikan anak usia dini. Program Studi Baru ini direncanakan akan siap dibuka pada tahun ajaran 2015/2016.

Pengajuan Program Studi dilakukan sebagai upaya pembangunan nasional di berbagai aspek yang membutuhkan sumber daya manusia (human resources) berkualitas. Penyiapan sumber daya manusia dimaksud harus mampu mengembangkan, mewujudkan perubahan, pertumbuhan dan pembaharuan sehingga dapat memenuhi kebutuhan pembangunan dan supaya sumber daya manusia berkualitas tersebut dapat terwujud, maka pembangunannya dimulai sejak manusia itu berusia dini. Hal ini disebabkan pendidikan anak usia dini memegang peranan yang sangat penting dan menentukan bagi sejarah perkembangan anak selanjutnya, sebab pendidikan anak usia dini merupakan fondasi bagi dasar kepribadian anak.

Seiring dengan dinamisasi pendidikan anak usia dini di Kabupaten Cilacap, maka kebutuhan masyarakat didalam  lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini semakin prospektif. Untuk mendukung hal tersebut dibutuhkan tenaga pendidik (guru) yang berkualitas dibidangnya. Guru merupakan kunci utama keberhasilan pendidikan, termasuk pendidikan anak usia dini. Kebutuhan akan guru yang berkualitas semakin dirasakan, sebab guru yang baik akan mampu membawa siswa mencapai pembentukan pribadi yang baik pula. Guru dan pengelola pendidikan anak usia dini tidak cukup hanya lulusan SMA saja, melainkan harus menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan di lembaga pendidikan yang lebih tinggi.

 

Komentar