Majenang – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sufyan Tsauri Majenang Cilacap menyelenggarakan acara Seminar Internasional dengan tema “Islam and Poverty Eradication” Kemarin (Selasa, 14-11-2017). Acara ini diadakan di STAIS Majenang yang dihadiri oleh 350 peserta dari berbagai kalangan.

Acara yang dibuka pada pukul 08.00 itu mengahadirkan beberapa pembicara, Yakni Prof. Dr. Al Said Muhammad Ali Husaini (Guru Besar Universitas Al Azhar, Kairo Mesir), Parni Hadi (Direktur Pembina dan Pendiri Yayasan Dompet Dhuafa), Asep Hendriana (Rektor Kampus Bisnis Umar Usman), Dr. H. Slamet Riyato, M.Si (Ketua Badan Wakaf Indonesia), Dr. Fathul Aminudin Aziz, MM (Pengusaha muslim/Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto). Berbagai pembicara memberikan pemaparan terkait tema dari berbagai latarbelakang masing-masing.

Beberapa hal yang dibicarakan yakni;  Prof. Dr. Al Said Muhammad Ali Husaini yang menyampaikan tentang peran Islam di lingkup Internasional dalam proses pelaksanaan pengentasan kemiskinan. Dikaitkan pula dengan kondisi masyarakat sosial Indonesia pada saat ini dimana permasalahan yang muncul tidak bisa diselesaikan dengan aktivitas sosial murni. Kemudian Parni hadi juga berbicara tentang penguatan peran Islam lingkup nasional dalam proses pelaksanaan pengentasan kemiskinan melalui peran UKM dalam proses kewirausahaan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Menurut Doddy Afandi Firdaus sebagai ketua panitia, acara ini diadakan sebagai media pengetahuan dan pembelajaran bagi mahasiswa dan masyarakat umum tentang Peran Islam dalam mengentaskan Kemiskinan sebagai alternatif solusi mengatasi masalah kebangsaan. Hal ini juga sangat bermanfaat bagi para mahasiswa dalam pengembangan keilmuan ekonomi dan bisnis islam

“para peserta minimal tercerahkan dengan adanya pemaparan dari berbagai latarbelakang pembicara yang berbeda-beda, sehingga mampu menjadi pendorong untuk kemajuan masyarakat islam”

Selain itu agenda seminar Internasioal ini menjadi momen yang baik bagi STAI Sufyan Tsauri dalam meningkatkan mutu perguruan tinggi. peningkatan tersebut diantarnya yakni dengan menjalin kemitraan bersama antara STAI Sufyan Tsauri dengan Guru Besar Universitar Al Azhar Mesir dan Dompet Dhuafa dalam bidang tri darma perguruan tinggi.

Komentar