Majenang – Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi STAI Sufyan Tsauri Majenang bersama Permadani Diksi Cabang Banyumas Raya Wilayah V Jawa Tengah – Daerah Istimewa Yogyakarta adakan kegiatan Kampung Bakti Bidikisi KIP-K dengan mengusung tema “Eksplorasi Lokal Wisdom Jawa Tengah-DIY”. (17-19 Desember 2021).

Acara yang bertempat Kampung Kreatif Kharisma Pertamina Desa Karangrena Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap diikuti oleh 96 Peserta dari perwakilan mahasiswa penerima Beasiswa bidikmisi KIP-K di wilayah Jawa Tengah – DIY.

Panitia Kegiatan Kampung Bakti Bidikmisi Dede Zulfatin mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab dan solidaritas sosial mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi. Selain itu, kegiatan ini juga memiliki tujuan mengeksplor diri lebih luas, mengembangkan potensi diri, meningkatkan kemandirian, serta meningkatkan gagasan-gagasan kreatif setiap mahasiswa.

“dengan adanya kegiatan seperti ini, kita para penerima program Bidikmisi akan semakin memiliki rasa solidaritas sosial antar mahasiswa,”. ujarnya.

Acara yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 17 sampai dengan 19 Desember 2021 ini, terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yakni, Pembukaan oleh ketua Kampung Kreatif, Kunjungan Wayang ke rumah Gus Ulin Nuha, Seminar kebudayaan dengan tema Menumbuhkan Ekonomi Kreatif dengan Objek Kebudayaan dengan mengundang pemateri dari Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cilacap, Menyelenggarakan Kegiatan lomba sepert puisi, kaligrafi, joget balon yang diikuti oleh anak-anak SD dan warga di desa Karangrena, Latihan Gamelan di Sanggar Kampung Kreatif Pertamina, Workshop Penyuluhan Tanaman Agrikurtural dari Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Kerja Bakti di Kampung Kreatif Kharisma, Kunjungan Lokasi wisata ke Bukit Cemara Sewu Cilacap dan terakhir Penutupan.

Seperti kita ketahui bersama bahwa program Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Pusat bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi, walaupun demikian syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi adalah mahasiswa yant terseleksi dan benar adanya memiliki potensi dan kemuan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi sebagai komitmen mahasiswa peraih Bidikmisi.

STAI Sufyan Tsauri Majenang memiliki program bidikmisi yang kompetitif yang dilakukan pada saat penerimaan mahasiswa baru dengan alokasi untuk semua program studi yakni, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Ekonomi dan Bisnis Islam. Dengan maksud dan tujuan mencetak mahasiswa-ahasiswi penerima bidikmisi yang berwawasan islam berkemajuan dengan tetap menjaga kearifan lokal dan bakti nyata untuk Indonesia. (ina/red)

Komentar