Program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Tarbiyah (STAI) Sufyan Tsauri Majenang, Cilacap berdiri secara resmi pada September 2008 dengan nomor SK pendirian No Dj/302/2008 yang ditandatangani oleh Direktor Jenderal Pendidikan Islam. Sekarang ini berdasarkan keputusan terbaru dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Bahwa Program Studi Pendidikan Agama Islam Terakreditasi B.

Adapun visi, misi dan tujuan Prodi PAI adalah sebagai berikut :

Visi

“Menjadi Program Studi Rujukan Yang Sehat Dan Unggul Di Tingkat Nasional Dalam Mengembangkan Pendidikan Agama Islam Berbasis Budaya Lokal Pada Tahun 2033

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang Sehat dan Unggul dalam Mengembangkan Pendidikan Agama Islam Berbasis Budaya Lokal.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang Sehat dan Unggul dalam Mengembangkan Pendidikan Agama Islam Berbasis Budaya Lokal.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang Sehat dan Unggul dalam Mengembangkan Pendidikan Agama Islam Berbasis Budaya Lokal.

Tujuan

  1. Tercapainya hasil penyelenggaraan Prodi PAI di bidang pendidikan, yaitu lulusan yang kokoh akidahnya, cerdas berpikirnya, dan profesional dalam setiap karyanya, sehingga menjadi manusia yang sehat dan unggul, berbasis budaya lokal.
  2. Tercapainya hasil penyelenggaraan Prodi PAI di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, yaitu berbagai temuan penelitian yang kredibel dan strategis dalam mengatasi berbagai problem sosial keagamaan Islam berbasis budaya lokal.
  3. Tercapainya hasil penyelenggaraan Prodi PAI dalam pengembangan organisasi dan manajemen Perguruan Tinggi yang kredibel, akuntabel, transparan dan adil melalui penerapan good governance berbasis teknologi informasi.
  4. Tercapainya hasil penyelenggaraan Prodi PAI dalam membangun kerjasama pengembangan kelembagaan dan pengembangan akademik baik di tingkat lokal maupun nasional dalam rangka mempercepat tercapainya visi.