Majenang – Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) STAI Sufyan Tsauri Majenang adakan kegiatan seminar Pendidikan Politik dengan tema “Generasi muda dan kebutuhan pendidikan politik menuju pesta demokrasi mahasiswa STAI Sufyan Tsauri Majenang 2022”. Acara yang dilaksanakan di Gedung Aula STAI Sufyan Tsauri tersebut diikuti oleh 100 mahasiswa dan umum dengan nengikuti protokol kesehatan yang ketat, mereka antusias mengikuti jalannya acara sejak pukul 13.00 s/d 16.30WIB. (Jumat, 17-12-2021).
Dalam kesempatan tersebut, KPUM menghadirkan dua pembicara yakni Umi Fadilah, S.Ag., MSi (Anggota Badan Pengawas pemilu Kabupaten Cilacap), serta Aji Fany Permana, MA (Wakil Ketua 3 bidang kemahasiswaan STAI Sufyan Tsauri).
Umi Fadilah menyampaikan tentang apa itu politik dan lembaga politik yang ada di Indonesia, beliau juga menyampaikan bahwasanya politik itu tidak kejam yang kejam itu pelakunya. Para pelaku yang menodai politik itu sendiri dengan menghalalkan berbagai cara agar partai atau calon yang mereka usung itu bisa mendapatkan suara yang lebih dari yang lain.
“Salah satunya adalah ketika ada suatu pemilihan biasanya para tim sukses mereka akan melakukan wuwur atau biasa yang disebut serangan fajar,” Ungkapnya.
Sementara itu, Aji Fany Permana menyampaikan tentang Politik Praktis di kampus. menurutnya menjadi mahasiswa di lingkungan lokal itu tidak bisa haya menjadi mahasiswa yang kuliah, pulang, tidur, lalu mengerjakan tugas.
“Mahasiswa bukan lagi mereka yang harus disuapi, tetapi mereka harus mencari bagaimana dia dapat berkembang didalam kampusnya,” Ungkapnya.
Beliau juga berharap kepada seluruh mahasiswa supaya aktif dalam kegiatan apapun, hal ini dilakukan agar mahasiswa lebih banyak mendapatkan relasi dan pengalaman, baik internal ataupun eksternal.
“Semakin banyak relasi, maka akan memudahkan kita dalam melangkah setelah kita tidak lagi menjadi mahasiswa,” Pungkasnya. (Eva-Tay/red)

Komentar