1911255_383202978518383_3189090831701516144_oPekalongan – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam Sufyan Tsauri (STAIS) Majenang melakukan pelatihan manajemen Pemasaran Industri Kecil dan Menengah di desa Karangsari Keamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan, (Jumat 20-02-2015).

Dody Afandy Firdaus (dosen tetap STAIS Majenang, narasumber dalam acara ini mengatakan, Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan ataupun industri kecil dan menengah untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan untuk mendapatkan laba. Tetapi dalam pemasaran modern seperti ini paradigma pemasaran telah bergeser, tidak hanya menciptakan transakasi untuk mencapai keberhasilan pemasaran tetapi perusahaan juga harus menjalin hubungan dengan pelanggan dalam waktu yang panjang.

”membina hubungan yang lebih dekat dengan menciptakan komunikasi dua arah dan mengelola hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan,” jelas Dody.

Dalam hal ini yang dimaksud dengan pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang di tunjukan untuk merencanakan, menetukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli. Serta dalam masalah pemasaran kita harus juga memperhatikan dan memahami pesaing agar industri dapat bersaing dengan industri lain.

Lebih jauh, Dody mengungkapkan bahwa dalam pemasaran juga terdapat fungsi universal dan tantangan pemasaran. Fungsi universal meliputi penanggungan resiko pendanaan, pengendalian informasi pemasaran pembelian, penjualan, pengiriman, penyimpanan, standarisasi, klasifikasi, dan pembungkusan. Sedangkan tantangan pemasarannya yaitu tantangan visi, tantangan power marketing, tantangan transferable marketing, tantangan pada manajemen merek, dan tantangan pada etika pemasaran.

Adapun maksud dari pelatihan ini adalah mendefinisikan pemasaran dan mendiskusikan konsep inti pemasaran, mendefinisikan manajemen pemasaran dan menguji bagaimana pemasar mengatur permintaan dan membangun hubungan dengan pelanggan yang menguntungkan, membandingkan kelima falsafah manajemen pemasaran, menganalisis tantangan-tantangan utama yang dihadapi pemasar pada abad mendatang.

Komentar