Selasa, 17 Juli 2017 bertempat di Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap telah dilaksanakan upacara serah terima KKN mahasiswa STAI Sufyan Tsauri Majenang Cilacap. Bagi STAIS, penyelenggaraan KKN pada Tahun Akademik 2017/2018 ini merupakan KKN yang ke-VIII dengan mengusung tema “Optimalisasi Sumber Daya Desa Berbasis Budaya Lokal”, dengan jumlah mahasiswa peserta KKN sebanyak 90 mahasiswa. Pelaksanaan penerjunan KKN di Kabupaten Cilacap dibagi dalam beberapa lokasi, yakni Kecamatan Gandrungmangu, Kecamatan Bantarsari, Kecamatan Kawunganten, Kecamatan Sidareja, Kecamatan Kedungreja dan Kecamatan Patimuan, yang terdiri atas 10 Desa. Tiap 1 desa terdapat 1 kelompok KKN yang terdiri atas 9 mahasiswa. Pelaksanaan KKN reguler ini dimulai pada tanggal 17 Juli – 24 Agustus 2018.
Acara serah terima KKN diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama dilanjutkan dengan sambutan selamat datang dari Camat Gandrungmangu dilanjutkan dengan penyerahan mahasiswa peserta KKN oleh Ketua STAIS Majenang yang dalam hal ini diwakili oleh pembantu ketua bidang akademik H. Masngudi, M.E.I.

Kemudian acara diteruskan dengan sambutan sekaligus penerimaan mahasiswa oleh Bupati Cilacap. Dalam sambutannya yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, H. Sucipto, M.Si, Bupati berpesan agar para mahasiswa peserta KKN dapat mengintegrasikan diri (meleburkan diri) ke dalam berbagai kegiatan masyarakat sehingga dapat diterima dan berperan-serta dalam berbagai kegiatan masyarakat di lokasi KKN. Dengan adanya pelibatan masyarakat dalam perencanaan, akan dapat mengidentifikasi berbagai kebutuhan dan permasalahan nyata yang dihadapi masyarakat, sehingga dapat disusun program kegiatan yang lebih tepat dan realistis. Semakin banyak masyarakat yang dilibatkan tentunya akan semakin baik. Di samping itu, keterlibatan masyarakat dalam perencanaan dapat membawa efek psikologis kepada mereka untuk sama-sama memikul tanggung jawab dalam mengimplementasikan rencana-rencana yang telah dibuat. Acara ditutup dengan doa dan dilanjutkan foto bersama.

Komentar