11535830_447408865430049_8958685592871330922_nMajenang – Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) ke STAI Sufyan Tsauri Majenang Kabupaten Cilacap pada tanggal 20-21 Juni 2015. Visitasi ini merupakan salah satu bagian proses akreditasi yang telah diajukan oleh STAI Sufyan Tsauri Majenang kepada BAN-PT. Dua Tim asesor BAN-PT yang berkunjung ke STAIS Majenang adalah Prof. Dr. H. A. Qadir Gassing, HT, MS dari UIN Alauddin Makasar, dan Dr. Yulastri Arif, M. Keb dari Universitas Andalas Padang.

Akreditasi institusi perguruan tinggi adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen sebuah perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program Tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan.

Drs. H. Tahrir, M,Pd.I selaku Ketua STAIS Majenang dalam sambutan pembukaan acara ini menyampaikan berbagai perkembangan dan prestasi yang telah diperoleh oleh STAIS Majenang serta memaparkan berbagai standar dari borang yang telah dikirim kepada BAN-PT sebelumnya. Serta akreditasi ini dilakukan pada hakikatnya adalah untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan status perguruan tinggi. untuk itu kami sangat mengharapkan masukan-masukan yang berharga dari tim asesor demi peningkatan kualitas STAIS Majenang di masa yang akan datang.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab bersama Tim Asesor beserta Pimpinan, para Kepala Bagian, Kepala Kantor, Pihak Yayasan yang bertanggung jawab atas borang yang dikirim. Pada sesi diskusi dibutuhkan bukti-bukti yang diperlukan termasuk laporan tertulis harus disiapkan, diverifikasi dan divalidasi melalui kunjungan (asesmen lapangan tim asesor) sepertidokumen-dokumen pelengkap, surat keputusan, standar operasi prosedur, memo, tesis, hasil penelitian, buku karangan dosen dan bukti bukti kegiatan lainnya.

Selain melakukan tanya jawab dengan pimpinan, para kepala bagian, Kepala Kantor dan pihak Yayasan. Tim asesor BAN-PT juga melakukan diskusi dengan alumni, dosen, para mentor, mahasiswa dan pengguna.

Sementara itu, Prof. Dr. H. A. Qadir Gassing, HT, MS menyampaikan visitasi ini dilakukan berdasarkan tindak lanjut dari borang yang telah dikirim STAIS Majenang sebelumnya.

“Kita melakukan penilaian ke lapangan dengan melihat aslinya seperti apa, apakah sesuai dengan borang yang di kirim ke Jakarta atau tidak” Tuturnya kemaren di ruang pertemuan.

Standar yang harus di penuhi oleh perguruan tinggi meliputi visi, misi, tujuan, dan sasaran. Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu. Mahasiswa dan lulusan. sumber daya manusia. Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik. Pembiayaan, prasarana, sarana, dan sistem informasi. Dan terakhir Penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama

Ke depannya Tim Asesor berharap seluruh civitas STAIS Majenang lebih all out dalam merencanakan, mengorganisasi, menjalankan dan mengevaluasi sistem, sehingga pengalaman akreditasi institusi ini dapat menjadi perbaikan untuk  tata kelola di masa mendatang untuk melancarkan target yang telah ditentukan.

Komentar